Sosialisasi penggunaan AED di Bandara Adi Soemarmo SOLO

solo4Pada tanggal 28 Februari 2013 Kantor kesehatan Pelabuhan Kelas II Semarang wilker Bandara Adi Soemarmo Solo melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penggunaan Alat AED (Automated External Defibrilator) kepada Petugas Pelayanan di Bandara Adi Soemarmo. Kegiatan ini diikuti oleh staf maskapai penerbangan, petugas ground handling, petugas security bandara serta dari PT Angkasa Pura (Persero). Kegiatan dilaksanakan di Ruang Merapi Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo.

Dalam Kepmenkes Nomor 1215/Menkes/SK/XI/2001 dijelaskan  tentang Pedoman Kesehatan Matra, dimana untuk mencegah terjadinya kematian akibat kegawatdaruratan Jantung (Penyakit Tidak Menular/PTM) perlu diadakan alat kesehatan AED untuk mempermudah diagnosis dan evaluasi perlunya tindakan medis pada pasien tersebut.

AED yang ada saat ini sudah mempermudah penggunanya (user), sehingga tidak selalu seseorang dengan latar belakang medis untuk menggunakannya, oleh karena itu diharapkan masyarakat non-medis khususnya di lingkungan bandara Adi Soemarmo dapat menggunakan pada saat terjadi kegawatdaruratan jantung.

   solo1dr. Lucky Taufika Yuhedi (staf KKP Wilker Solo) sedang memberikan penjelasan kepada peserta

solo2Peserta pelatihan AED di Bandara Adi Soemarmo Solo serius mengikuti materi

Trainer pelatihan ini, dr.Lucky Taufika Yuhedi dan Sri Purwanti AMK (keduanya staf KKP Wilker Solo) menjelaskan tentang gambaran kegawatdaruratan jantung dimasyarakat, Pengenalan Bantuan Hidup Dasar dan Penggunaan AED dalam kasus kegawatdaruratan jantung serta skill station cara membuka Jalan Napas (Airway), Memberikan Bantuan Pernafasan (Breathing), Resusitasi Jantung Paru dan Posisi Mantap Pemulihan serta pemasangan AED pada manekin. Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan, beberapa diantaranya menceritakan pengalaman menjumpai kasus-kasus yang pernah terjadi di Bandara Adi Soemarmo Solo.

Kegiatan ini diikuti oleh 24 (dua puluh empat) orang yang berasal dari perwakilan maskapai penerbangan, PT.Angkasa pura, Ground Handling dan  AVSec.

 solo3Trainer Sri Purwanti AMK mempraktekkan pemberian pertolongan kegawatdaruratan

solo4

 

Tulis komentar anda

*

Anda bisa menggunakan kode HTML berikut : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>