Segarnya senam pagi

senam2“Mana suaranyaa..??!!”, demikian teriak mbak Ambar, instruktur senam pagi itu. “Haa…eeee..”, “Yes yes yes…”, “Asolole…” jawab peserta senam pagi riuh rendah bersahutan.

Ya, pagi itu Jumat 1 Maret 2013, seluruh pegawai KKP Semarang mengikuti senam pagi. Senam ini dilakukan secara rutin dua minggu sekali pada jam 7 pagi dengan isntruktur yang bergantian. Pagi itu adalah giliran mbak Ambar, instruktur yang sudah dikenal baik oleh pegawai KKP Semarang, bertindak  sebagai pemandu.

 senam1Peserta senam..

Suasana ramai dan penuh canda selalu mewarnai kegiatan olah raga ini. Teriakan teriakan lepas, komentar-komentar yang lucu selalu muncul. Demikian juga tawa lepas dan terbahak-bahak. Tapi memang itulah yang diharapkan. Senam pagi, disamping untuk olahraga fisik, juga bisa bermanfaat sebagai olah raga psikis. Dan yang lebih penting lagi, suasana ini juga bisa menambah keakraban, kebersamaan, rasa kekeluargaan dan persaudaraan. Ini penting untuk modal dalam kerjasama tim dalam sebuah organisasi.

 Peter Senge dalam bukunya “The Fifth Discipline” menekankan pentingnya kerjasama tim dalam sebuah organisasi dan kepemimpinan. Ada lima kunci menurut Peter Senge agar organisai atau pemimpin bisa sukses dalam kinerja. Kelima kunci tersebut adalah berfikir sistem (system thingking); kebersamaan tim (team learning); cita-cita atau visi bersama (share vision); adanya nilai-nilai yang positif (mental model); dan kompetensi/kemampuan individu-individu (personal mastery).

 senam2Senam, olah raga fisik dan psikis..

Kembali ke senam, meski tidak semua peserta senam bergerak sesuai gerakan instruktur, meski gerakan yang dilakukan berbeda-beda, meski kekuatan tenaga berbeda-beda, meski semangat berbeda,  yang penting adalah bergerak. Bergerak untuk sehat, begitulah salah satu moto peringatan hari kesehatan nasional.. Yang penting kebersamaan, demikian kata pegawai..

Maka, ketika mbak Ambar dengan lantang berteriak : “Sudah capai..???” maka peserta senam serentak menjawab tak kalah lantang sambil bercanda : “Beluummmm…, lanjutkan sampai malam…”, meski senam sudah berlangsung hampir satu jam dan semua sudah kecapaian. (Ans).

senam3Ayo bergerak..

senam4Foto bersama instruktur seusai senam..

Tulis komentar anda

*

Anda bisa menggunakan kode HTML berikut : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>