Survei nyamuk genera anopheles stadium dewasa dengan umpan orang

surveynyamuk1Berdasarkan International Health Regulation (IHR) 2005 pasal 22 bahwa pengawasan pengangkutan, kontainer kargo atau barang-barang dan bagasi pada saat kedatangan/keberangkatan harus bebas dari sumber-sumber infeksi atau kontaminasi termasuk vektor-vektor penyakit dan hewan pengerat.

Menurut artikel 19 regulasi kesehatan internasional tersebut, telah ditetapkan bahwa setiap pelabuhan dan daerah perimeter suatu pelabuhan/bandara harus dipertahankan bebas Aedes aegypti baik jentik maupun dewasa, dan vektor nyamuk malaria dan penyakit lain yang secara epidemiologi berhubungan dengan lalu lintas Internasional.

KKP Mempunyai tugas melaksanakan pencegahan masuk dan keluarnya penyakit, penyakit potensial wabah, surveilans epidemiologi, kekarantinaan, pengendalian dampak kesehatan lingkungan, pelayanan kesehatan, pengawasan OMKABA serta pengamanan terhadap penyakit baru dan penyakit yang muncul kembali, bioterorisme, unsur biologi, kimia dan pengamanan radiasi di wilayah kerja bandara, pelabuhan dan lintas batas darat Negara

Berkenaan dengan tugas KKP dalam pengendalian dampak lingkungan, pada tanggal 4 – 6 Maret 2013 KKP Semarang melalui seksi Pengendalian Risiko Lingkungan (PRL) melakukan kegiatan survei nyamuk genera Anopheles stadium dewasa di wilayah buffer dalam rangka mengetahui kepadatan, jenis nyamuk, tempat perindukkan. Sehingga diharapkan  tindakan pemberantasan nyamuk stadium dewasa akan lebih tepat dan efektif.

Kegiatan dilakukan di Rt. 01 Rw. VIII, Kelurahan Bandar Harjo, Semarang Utara, Kota Semarang dengan melibatkan unsur lintas program, lintas sektor dan masyarakat di Kelurahan Bandarharjo dan Puskesmas Bandarharjo.

Hasil Kegiatan Kegiatan Survei nyamuk Anopheles stadium dewasa dengan umpan orang adalah sebagai berikut :

  1. Tidak didapatkan nyamuk Genera Anopheles
  2. Pada saat survei yang tertangkap hanya nyamuk Genera Culex dengan hasil sebagai berikut :
  1. Kepadatan nyamuk per orang per jam
    surveynyamuk8
  2. Kepadatan nyamuk per orang per malam
    surveynyamuk7
  3. Resting rate per jam
    surveynyamuk6
  4. Resting rate per malam
    surveynyamuk5

(Ditulis oleh Seksi PRL KKP Semarang)

surveynyamuk1Pelaksanaan survei nyamuk dengan umpan orang

surveynyamuk2surveynyamuk3Ucapan terima kasih kepada masyarakat yang membantu pelaksanaan survei

surveynyamuk4Proses identifikasi nyamuk yang tertangkap

One Response to Survei nyamuk genera anopheles stadium dewasa dengan umpan orang

  1. M. Pujianto says:

    PRL banget, semoga semua risiko bisa di cekal

Tulis komentar anda

*

Anda bisa menggunakan kode HTML berikut : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>