Kunjungan Studi Lapangan Mahasiswa UNIKAL Di KKP Semarang

unikal5Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Semarang pada tanggal 22-23 Oktober 2013 menerima kunjungan studi lapangan mahasiswa fakultas ilmu kesehatan program studi ilmu kesehatan masyarakat Universitas Pekalongan (UNIKAL). Mahasiswa yang mengikuti kunjungan ini sebanyak 82 mahasiswa yang terbagi menjadi dua kelompok kunjungan, yaitu masing-masing kelompok kunjungan sebanyak 41 mahasiswa dengan didampingi satu orang dosen pendamping. Kunjungan ini ditujukan untuk melakukan studi lapangan mata kuliah surveilans epidemiologi dan untuk mengetahui secara langsung tugas pokok dan fungsi KKP di pintu masuk negara. Mahasiswa diterima oleh Kepala KKP Semarang dan Kepala terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas bertempat di ruang tunggu keberangkatan VIP terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Acara penerimaan kunjungan studi lapangan mahasiswa dibuka dengan acara sambutan, sambutan pertama yaitu dari dosen pendamping lapangan (Dewi Anggraini, SKM) sekaligus penyerahan mahasiswa kepada Kepala KKP Semarang. Sambutan  kedua dari Kepala terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang (Muntasir), dan sambutan ketiga dari Kepala KKP Semarang (dr. Anas Ma’ruf, MKM). Dalam sambutannya dr. Anas Ma’ruf, MKM mengatakan bahwa tugas pokok dan fungsi utama KKP adalah melakukan cegah tangkal  PHEIC (Public Health Emergency of International Concern) di point of entry (pintu masuk) negara yang diaplikasikan melalui kegiatan masing-masing seksi di KKP. Sehingga KKP merupakan garda terdepan dalam menjaga kesehatan negara. Setelah memberikan sambutan, dr. Anas Ma’ruf, MKM menerima dan membuka secara resmi studi lapangan mahasiswa UNIKAL.

Acara selanjutnya yaitu pemaparan materi dari tiap seksi, yang dimulai dari seksi Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemiologi (PKSE) oleh Ariyanto, SKM, seksi Pengendalian Risiko Lingkungan (PRL) oleh Soeparlan, AMAK, dan  dari seksi Upaya Kesehatan dan Lintas Wilayah (UKLW) oleh Yuanita Tri Hastusti, SKM. Mahasiswa tampak antusias mengikuti jalannya materi dan aktif bertanya pada sesi tanya jawab. Setelah semua seksi telah memberikan materi, mahasiswa diajak naik ke atas kapal (boarding) yang dipandu oleh petugas KKP (Imam Abrori, SKM) didampingi oleh petugas tiap seksi, dan dipandu pula oleh crew kapal untuk ikut menjelaskan tentang seluk beluk kapal beserta ruangannya. Pada kelompok kunjungan pertama, boarding dilakukan di Kapal Dharma Kencana II, dan pada hari kedua dilakukan di Kapal Intan Daya-5. Dalam kegiatan boarding ini, mahasiswa dibawa berkeliling ke seluruh ruangan kapal sambil diberikan penjelasan tentang Tupoksi KKP khususnya dalam hal pengawasan dan pemeriksaan alat angkut baik dari sisi kekarantinaan dan surveilans epidemiologi, sanitasi kapal dan pengawasan vektor penyakit, serta upaya kesehatan dan pengawasan obatan-obatan dan P3K di Kapal.

Setelah kegiatan boarding selesai, mahasiswa menuju ke aula KKP Semarang untuk istirahat, sholat, dan makan siang. Sambil menikmati makan siang, mahasiswa disuguhi video simulasi penanganan PHEIC yang pernah dilakukan oleh KKP Semarang di bandara Adi Sucipto Yogyakarta agar mahasiswa mendapatkan gambaran tentang prosedur dan tata laksana oleh KKP Semarang jika terjadi kasus kegawatdaruratan internasional. Acara terakhir adalah pembulatan/simpulan oleh Kepala KKP Semarang sekaligus menutup acara kunjungan studi lapangan mahasiswa UNIKAL di KKP Kelas II Semarang. (Ariyanto, SKM)

unikalSambutan dan pembukaan oleh dr. Anas Ma’ruf, MKM, didampingi Kepala terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

unikal2Pemaparan materi dari tiap seksi KKP Semarang

 unikal3Mahasiswa antusias mengikuti materi yang diberikan oleh petugas KKP Semarang

 unikal4Nahkoda Kapal Intan Daya-5 didampingi petugas KKP memberikan penjelasan pada kegiatan boarding kepada mahasiswa

unikal5Foto bersama mahasiswa UNIKAL dengan petugas KKP Semarang dan crew Kapal Dharma Kencana II

Comments are closed.